Doktor Baru Prodi Magister Teknik Elektro

Semarang- Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agung Semarang, kembali diperkuat dengan tambahan Doktor baru, Muhammad Qomaruddin, S.T., M.Sc. berhasil meraih gelar Doktor di bidang Computer Science dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) setelah dinyatakan lulus pada ujian viva voce yang diselenggarakan di UTM Johor pada 20 November 2014. Gelar Doktor dianugerahkan pada acara UTM 55th Convocation yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2015. Ia merupakan Dosen FTI kedua yang meraih gelar Doktor dari UTM.
Disertasinya berjudul “Computer Assisted Problem Based Learning Assessment Framework In Institution of Higher Learning” .Di bawah bimbingan Prof. Dr. Azizah Binti Abdul Rahman selaku supervisor I dan Associate Prof. Dr. Noorminshah Binti A. Iahad selaku Supervisor II. Disertasi Muhammad Qomaruddin, ST., M.Sc., Ph.D. bertujuan untuk membangun sebuah framework yang mendeskripsikan metode penilaian pembelajaran berbasis masalah (PBL) secara online. Dari hasil penelitiannya dihasilkan sebuah aplikasi software dengan perlindungan hak cipta dari “Intellectual Property Corporation of Malaysia” dengan judul CAPBLAT (Computer Assisted Problem Based Learning Assessment Tool) dimana aplikasi ini digunakan untuk membantu praktisi PBL dalam menilai proses skills peserta didiknya. Hasil riset Muhammad Qomaruddin, ST., M.Sc., Ph.D. juga pernah mendapatkan Gold Medal dalam lomba Inovasi E-learning antar Perguruan Tinggi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Malaysia.
Dekan Fakultas Teknologi Industri Unissula, Dr. Hj. Sri Arttini D.P. M.Si. bersyukur dan menyambut gembira dengan bertambahnya jumlah staf pengajar yang bergelar doctor. “Harapan kami para dosen yang sudah bergelar Doktor dapat meningkatkan riset di FTI sehingga memperkuat Riset Unggulan di FTI khususnya dan Unissula pada umumnya”. Unissula khususnya FTI terus mendorong para staf pengajar lain untuk menempuh pendidikan S3, guna meningkatkan mutu staf pengajar di FTI .